Strategi Pemasaran
1. Kenali pelanggan Anda
Identifikasi
target market Anda akan membantu Anda dalam menyusun strategi marketing
yang efektif. Anda bisa mengelompokkan target market menjadi beberapa
kategori, misal kelompok usia 15—30 tahun, jika Anda ingin memasarkan
produk sepeda sport. Atau Anda dapat membidik wanita dengan kelompok
usia 20—35 tahun, jika ingin memasarkan produk sepatu wedges. Jadi,
dengan mengetahui siapa target market Anda, Anda akan terhindar dari
terbuangnya waktu dan biaya yang sia-sia.
2. Lakukanlah promosi
Lakukan upaya
promosi atau memperkenalkan produk bisnis Anda kepada konsumen.
Usahakan agar promosi yang Anda lakukan tersebut konsisten,
terus-menerus, dan dengan cara-cara kreatif sehingga para pelanggan
tidak merasa bosan. Misalnya, mengirim pesan singkat kepada para
customer jika sedang ada promo produk – produk Anda. Selain itu,
lihatlah pula bagaimana upaya promosi yang dilakukan kompetitor Anda.
Jika penawaran Anda lebih unik dan menarik, lanjutkan upaya promosi
tersebut. Jangan lupakan pula kehebatan word-of-mouth publicity.
Kekuatan promosi dari mulut ke mulut ini memang ajaib karena dapat
menyebar dan menjaring pelanggan hingga berlipat-lipat. Oleh karena itu,
siapkan diri Anda untuk membuat pelanggan lebih nyaman berbisnis dengan
Anda. Pelanggan yang merasa puas dengan produk Anda akan menjadi
pelanggan loyal yang dapat menarik pelanggan baru.
3. pilih lokasi yang strategis
Faktor penting dalam strategi pemasaran lainnya adalah masalah pemilihan tempat. Anda perhatikan outlet atau toko roti Holland Bakery selalu
berada di jalan yang sibuk di mana traffic lalu lalang orang sangat
tinggi. Itu merupakan strategi mereka dalam membidik pelanggan
potensial. Maka, usahakan untuk memilih lokasi yang tepat, strategis,
agar kesempatan bisnis Anda untuk dapat diakses oleh pelanggan lebih
terbuka.
4. Coba gunakan internet marketing
Internet
marketing bisa jadi salah satu strategi marketing yang sangat efektif.
Anda dapat mengetahui selera pelanggan dan kebutuhan pelanggan Anda
dengan menempatkan bisnis Anda di situs jejaring sosial. Saat ini, jual
beli online semakin marak dengan jumlah transaksi yang meningkat setiap
tahunnya. Hal ini menunjukkan kecenderungan bagaimana pelanggan ingin
berbelanja di luar jam buka toko, menghindari keramaian, dan lebih
privasi. Ruang inovasi juga terbuka lebar di internet.
5. Jalin hubungan dengan pelanggan
Memelihara
pelanggan lama lebih mudah dibandingkan mendapatkan pelanggan baru.
Karena biaya yang dibutuhkan untuk menarik pelanggan baru sekitar 6 kali
lipat daripada memelihara pelanggan lama. Maka, buatlah database
pelanggan, masukkan data-data penting beserta kemajuan yang telah
dicapai, hubungi mereka secara berkala, dan informasikan pelanggan
mengenai promo produk yang sedang berjalan, dan lain-lain.
6. The Power of Focus
Kekuatan
fokus terbukti dapat mengantarkan Apple menuju kesuksesan. Apple focus
pada produknya dan sanggup menghasilkan miliaran dolar hingga kini.
Kesuksesan Apple tersebut karena mereka fokus dengan sumber daya mereka
dan produk yang lebih sedikit tapi inovatif. Fokus tidak berarti Anda
menjual lebih sedikit. Sebaliknya, Anda dapat meningkatkan produksi Anda
di wilayah tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar