Home

Pemanfaatan Produk Hewani dan Nabati menjadi Makanan Khas Daerah




A. Pendahuluan

I.   Latar Belakang



           Sumber Daya Alam di Indonesia sangat melimpah keberadaannya. Berbagai Sumber Daya Alam baik Makhluk Hidup ataupun Makhluk Tak Hidup sangat beragam. Contoh Makhluk Hidup adalah ikan laut, ikan tawar, dan sebagainya. Adapun contoh Makhluk Tak Hidup adalah batubara, emas, perak, dan sebagainya. Kekayaan tersebut dapat menambah khasanah keberagaman sumber daya alam dan menambah kekayaan alam bangsa kita. 

            Namun, pemanfaatan terhadap sumber daya alam tersebut dirasakan kurang optimal. Karena kurangnya perhatian pemerintah atas pengeksplorasian SDA yang kurang memadai. Sehingga, SDA yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat dan bangsa terbengkalai begitu saja.

            Di samping itu, adanya fenomena pengangguran yang masih menjadi masalah besar di negeri ini yang belum ada konklusinya turut menambah rentetan permasalahan Sumber Daya Manusia yang terbengkalai.

            Jika dihubungkan dengan terbengkalainya dua aspek tersebut, maka fungsi dan tujuan dari mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan pada kurikulum 2013 ini adalah mencetak Sumber Daya Manusia yang berkualitas, inovatif, penuh daya kreasi dan mampu memanfaatkan SDA yang ada. 

            Diharapkan, ada tindak lanjut dari pelaksanaan pembelajaran ini, menuju Indonesia mandiri dan berkualitas bukan hal yang mustahil untuk dilakukan.





II. Tujuan 



         Tujuan dilaksanakannya praktek lapangan pada kegiatan kewirausahaan ini adalah   :

    1. Mencetak generasi muda yang mandiri, inovatif, serta berwawasan luas

     2. Menjadikan entrepreneur muda yang tidak tergantung pada penyediaan lapangan pekerjaan

     3. Menjadikan Sumber Daya Manusia yang berkompeten dalam bidangnya

     4. Mengetahui dan dapat mengeksplorasi Sumber Daya Alam yang ada untuk dimanfaatkan





III. Manfaat



         Manfaat adanya praktek lapangan ini adalah                 :

         1. Mengupayakan adanya penyediaan lapangan kerja secara mandiri dan seluas-luasnya

           2. Membentuk karakter siswa cinta alam, jujur, dan berdaya kreasi tinggi
           3. Dapat mengembangkan hasil usaha atau produksinya menjadi usaha patennya.


1 komentar: